Rabu, 02 Oktober 2013

50 TAHUN FT UNSYIAH

AWAL KULIAH DI FAKULTAS TEKNIK UNSYIAH

Pada tahun 1972 aku mendaftar di Fakultas Teknik Unsyiah dengan nomor mahasiswa 552 jurusan sipil. Tekad ini sudah ada  sejak aku berjanji dengan kepala sekolahku di SMP I Banda Aceh,alm.Pak Hassan. Saat itu aku belum bisa  membedakan  antara seorang arsitek dan seorang insinyur sipil, pokoknya cita citaku menjadi insinyur.Aku masih bertemu dengan pak Ir Sudarsono Tjokroseputro dekan FT Unsyiah yang berwibawa itu.
Pada masa perploncoan yang keras dan melelahkan, aku  baru merasakan betapa disiplinnya para seniorku membimbing  mental kami sebagai mahasiswa teknik.Solidaritas yang dibalut kesetiakawanan serta silaturahim yang hangat setelah masa plonco berakhir.
Secara estafet kami sebarkan virus keakraban teknik ini kepada generasi selanjutnya dan sampai hari ini ruh kebersamaan masih ada ,walau berbeda karakternya menurut zamannya.Aku masih menerima kuliah dari dosen alumni UGM seperti : Ir.Haryoto, Ir Soedibjo Oenoes, Ir.Achmad Sugiharto,Drs Sutarto,Ir.Musbar Ramaly dan dari mereka inilah wabah "Buku,Cinta dan Pesta " tertularkan iklim mahasiswa dari Kampus Biru Jogyakarta. Kehidupan kampus yang dinamis : kuliah, seminar,ujian,perpustakaan,studi banding,masa plonco,inaugurasi dan dies natalis.
Fasilitas belum selengkap saat ini.Untuk menghitung  matematika masih menggunakan mistar hitung yakni sebuah mistar geser berdasarkan skala logaritma yang dapat mendekati perkalian dan pembagian hingga 3 digit.saat itu kalkulator masih langka. Fotocopy belum sampai kekampus ini,sehingga diktat dan salinannya beredar dari tangan ke tangan.Buku di pustaka dikeroyok beramai ramai menterjemahkannya,terutama contoh contoh soal.Zaman yang penuh keterbatasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar