Senin, 30 September 2013

50 TAHUN FT UNSYIAH

LUSTRUM EMAS FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
                                   1963 - 2013

Tahun 2013 ini almamaterku Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala berusia setengah abad,sebuah usia emas yang patut disyukuri perjalanan panjangnya yang penuh suka dan duka, dimana aku berada dalam pusaran ini sepanjang waktu 40 tahun.Saat fakultas ini lahir, Universitas Syiah Kuala baru  didirikan  4 tahun sebelumnya yakni tanggal 2 September 1959 yang diresmikan langsung oleh Presiden RI , Ir.Soekarno.Kata kunci dari pidato beliau adalah : "Tekad bulat, melahirkan perbuatan yang njata, Darussalam menuju tjita tjita " yang diukir dengan huruf emas pada Tugu Universitas Syiah Kuala di Kampus Darussalam.
Tekad bulat jugalah yang menjadi modal bagi para pendiri Fakultas Teknik Unsyiah pada tahun 1963 ini. Setelah mendirikan Fakultas Ekonomi, Hukum ,Kedokteran Hewan dan Peternakan maka para   pendiri Unsyiah sepakat mendirikan Fakultas Teknik dengan jurusan awalnya adalah Teknik Sipil untuk mendidik putera putera Aceh menjadi ahli teknik yang akan mendukung pembangunan infrastruktur daerah dibidang jalan,jembatan, gedung, pengairan ,pelabuhan, permukiman dan air minum.
Para umara Aceh saat itu bahu membahu untuk melahirkan perbuatan yang nyata dalam cita cita mendirikan Fakultas Teknik ini. Para pembesar militer Kodam Iskandar Muda seperti : Letkol. Syamaun Gaharu,Mayor T.Hamzah Bendahara dan Kolonel M.Yasin bersatu padu dengan para birokrat:  Gubernur A.Hasymi, Wagub Drs Marzuki Nyakman dan Walikota Banda Aceh T.Oesman Jacob serta para pengajar Drs.A.Madjid Ibrahim,Ir.Abdullah Ali, Drs Syamsudin Ishak. Dari instansi teknis seperti PU : Ir Abd.Muluk, Mohd. Hassan.Pejabat teknis lainnya seperti: Ir.A.Sani dari Jawatan Kereta Api dan Ir.Hayatun Yusuf dari Dinas Perindustrian. Dukungan dosen dosen muda alumni GAMA seperti : Ir. Sudarsono, Ir. Haryoto, Ir. Soedibyo Oenoes,Drs. Sutarto, Ir.Achmad Sugiharto dan Ir.Musbar Ramali memperkuat praktisi senior dari instansi teknis daerah dalam jajaran dosen angkatan pertama FT Unsyiah. Sejak tahun 1963 para  lulusan SMA dari seluruh Aceh sudah dapat mengikuti kuliah di fakultas ini dengan menggunakan ruang kelas di STM Banda Aceh dan gedung Fakultas Hukum lama hingga tahun 1969 baru menempati gedung kuliah baru sumbangan Pertamina kepada rakyat Aceh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar