Senin, 08 Februari 2016

TRAPENCA GROUP 1978

Di rumah ini.....mess PU di Simpang Tiga  dimana 3 orang profesional muda alumnus ATPU Bandung  berdiam.Dua orang  sarjana muda jalan raya yaitu :Zubir Sahim,BRE dan Burhanuddin, BRE dan sarjana muda tata ruang perkotaan T.Syaiful Achmad, BMu E  bertugas di Kanwil PU Provinsi Aceh. Diantara waktu dinasnya, mereka mengabdikan dirinya sebagai konsultan teknik dengan mendirikan biro jasa konsultansi di tahun 1977 yang bernama CV Trapenca Group, diambil dari kata " Strategi Perencanaan ". Saat itu masih langka usaha jasa konsultan di Banda Aceh dan asosiasi  Inkindo masih belum hadir di daerah ini.Biro ini mengerjakan desain,rumah tinggal, kantor,  sekolah dan proyek transmigrasi.

Aku hadir diperusahaan ini pada tahun 1978 ketika istirahat akademis di Fakultas Teknik Unsyiah. Kakandaku Syahroel yang mendukung dana perkuliahanku sejak ayahandaku berpulang kerahmatullah saat kuliahku ditingkat persiapan di tahun 1972 menghentikan pendanaannya. Aku bisa menerimanya karena waktu 6 tahun lebih dari cukup untuk dukungan seorang abang. Alhamdulillah,  momen pahit ini harus kuterima  dan membuka mataku untuk mengenal dunia kerja saat ijazah sarjana mudapun belum kuperoleh. Melalui ajakan bang Zubir Sahim,  teman SMA dari kakanda kedua Syarfin untuk magang di perusahaan ini sebagai draftman..

Setiap hari dengan mengendarai sepeda motor Yamaha aku berangkat kerja di mess PU ini.Tugasku menggambar ulang konstruksi jembatan dan jalan serta grafik sondir penyelidikan tanah. Ruang kerjaku adalah ruang makan mess dan menggunakan meja yang diganjal buku pada kedua kakinya.Saat ketiga penghuni mess ini berangkat kerja di Kanwil PU, aku menghabisi hari kerjaku  bersama seorang pembantu rumah tangga asal Bandung dan seorang anaknya yang masih bocah. Setelah sore mereka kembali, aku memeriksakan gambar produksi hari itu. Demikianlah hari hari,dengan kertas kalkir. rafido dan sablon yang kulalui sembari belajar lebih dalam tentang konstruksi berbekal ilmuku yang sampai semester lima di fakultas teknik sipil.Ah....betapa indah awal masa  kerjaku dulu............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar